Laman

[Politisi Sukabumi] Faktor Prabowo dalam Pilpres 2009 Sangat Penting

Pasangan Megawati-Prabowo merupakan pemenang dalam pemilu presiden kali ini. Sebab, peningkatan perolehan suaranya lebih besar ketimbang pasangan lainnya. Demikian pengamat politik UI, Maswadi Rauf, saat dihubungi Kamis 9 Juli 2009.

Maswadi Rauf: "Faktor Prabowo penting di sini." #


VIVAnews – Pasangan Megawati-Prabowo merupakan pemenang dalam pemilu presiden kali ini. Sebab, peningkatan perolehan suaranya lebih besar ketimbang pasangan lainnya. Demikian pengamat politik UI, Maswadi Rauf, saat dihubungi Kamis 9 Juli 2009.

Menurut Maswadi, pada pemilu legislatif lalu, PDI Perjuangan hanya meraup 14,1 persen. Sedang Partai Gerindra meraih 3,7 persen. Total hanya 18,2 persen. Namun berdasar quick count yang digelar, pasangan ini justru meraih 27-28 persen suara. Artinya, ada peningkatan sebesar 10 persen.

“Faktor Prabowo penting di sini,” kata Maswadi. Soalnya, iklan Prabowo luar biasa. Prabowo sudah membuktikan gebrakan pada pemilu legislatif dengan masuk ke delapan besar dan lolos electoral threshold.

Selain itu, kata Maswadi, faktor Mega juga menarik. Sebab, Mega juga mengeksploitir Bung Karno sebagai ayah dan proklamator dalam iklannya. “Gabungan ini yang membuat suara Mega-Prabowo melejit. Saya sendiri terkejut melihat kenaikan suara Mega Prabowo,” ujarnya.

Sementara, perolehan suara SBY dinilai Maswadi konstan. Sebab, perolehan suara kali ini relatif sama dengan hasil putaran kedua Pemilu Presiden 2004. Saat itu SBY meraih dukungan 60 persen suara. Apalagi dukungan koalisi partai pendukung SBY besarnya 56 persen.

Pasangan yang anjlok suaranya adalah pasangan JK-Wiranto. Maswadi menilai suara pasangan ini tidak seharusnya sekecil itu. Jelas sekali suara pasangan ini tersedot ke pasangan Mega-Prabowo.

Dengan penampilan ini, peluang Prabowo untuk tampil di Pemilu 2014 terbuka lebar. Namun kata Maswadi hal itu tergantung daya tahan Prabowo untuk membesarkan partai. Hal ini membutuhkan stamina dan tentu saja uang. Mega sendiri tahun 2014 sudah berat untuk tampil lagi.

dikutip dari http://www.facebook.com/l/;http://politik.vivanews.com/news/read/73615-mega_prabowo_dapat_limpahan_pemilih_bimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar