Laman

Akibat Kenaikan Gaji PNS, APBD Kabupaten Sukabumi Defisit !

Membaca berita cicurug.com hari ini, saya sempet terkejut. Kok bisa-bisanya APBD Kabupaten Sukabumi tahun 2009 ini diperkirakan defisit sampai dengan 120 Milyar. Ada apa ?


Walaupun menurut para anggota legislatif yang membuat APBD Kabupaten Sukabumi defisit anggaran tahun 2009 itu dapat ditekan sampai dengan 20 Milyar, tentunya ini merupakan preseden buruk bagi penyusunan anggaran kedepan. Pada masa yang akan datang, defisit anggaran akan dianggap menjadi suatu hal yang biasa. Bukan tidak boleh defisit, tapi alangkah baiknya kalau dibiasakan masih ada kelebihan anggaran sehingga sektor-sektor yang akan menggerakan ekonomi masyarakat dapat terbantu.

Salah satu yang menjadikan terjadinya defisit anggaran APBD Kabupaten Sukabumi tersebut adalah akibat kenaikan gaji PNS yang diberlakukan mulai bulan Januari 2009 ini. Ini merupakan tambahan poin akibat langsung yang negatif atas kenaikan gaji Sebagaimana saya sampaikan dalam posting terdahulu mengenai kenaikan gaji PNS ini.

Sehingga kenaikan gaji PNS ini bukan saja merupakan bentuk ketidakadilan bagi rakyat Indonesia yang lain non PNS (terutama buruh pabrik), tetapi juga ternyata membebani anggaran pemerintah daerah yang berakibat kurang baik juga untuk perkembangan perekonomian masyarakat didaerah.

Ternyata, akibat krisis ekonomi ini bukan saja membuat Anggaran Pemerintah Amerika saja yang defisit, tapi juga APBD kabupaten Sukabumi juga defisit. Krisis ekonomi sekarang memang keliatannya mengglobal. Ruaaaar biasa !!
/span>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar