Halaman

Menggagas Politisi Online

>

Tulisan ini menyambung dari tulisan saya mengenai auotobiografi saya tentang alasan saya yang melatarbelakangi dibuatnya blog politisi online ini.


Terserah mau dibilang saya ikut-ikutan, meniru, nyontek dan sebagainya. Terus terang ide untuk membuat blog politisi online ini saya ambil ketika saya tahu, bahwa keberhasilan Barrack Obama menjadi Presiden Amerika pada pemilu akhir 2008 lalu salah satunya adalah karena Obama mampu memaksimalkan internet sebagai media kampanye untuk meraih dukungan rakyat Amerika (dan bahkan dunia!).

Juga karena saya membaca sebuah berita di Harian Kompas yang memberitakan bahwa, Organisasi sayap pemuda UMNO mewajibkan seluruh politisi mudanya yang akan mencalonkan diri agar membuat blog pribadi masing-masing. Hal ini sebagai respon atas berkurangnya perolehan suara partai UMNO pada pemilu 2008 lalu akibat peran media kampanye internet yang dijalankan oleh Anwar Ibrahim.

Karenanya itu katakan saja saya "ikut-ikutan", karena toh bukan ikut yang engga bener khan.. ? Yang jelas sebelum saya memutuskan membuat blog ini, saya sudah browsing dulu dan ternyata… saya yakin 99,9% dari ribuan caleg partai peserta pemilu 2009 tidak memiliki situs pribadi (blog). Hanya ada website partai saja, dan itu juga tidak seluruh partai peserta pemilu 2009.

Tentunya hal ini sangat disayangkan sekali. Bagaimana kita tahu dan bisa kita uji sejauhmana visi, misi dan solusi yang akan mereka jalankan kalo seandainya media untuk itu tidak ada. Kalo seperti ini, bagaimana bisa kita meyakinkan diri kita untuk ikut men-"contreng" dalam pemilu 2009 ? Selama ini visi dan misi mereka hanya mereka tulis di spanduk, baliho, dll, tapi benarkah itu hasil dari keyakinan dan pemikiran mereka atau cuman retorika kosong belaka saja !

Sebagaimana kita tahu, melalui media blog kita bisa mengomentari semua pendapat orang lain, termasuk mengkritik isi tulisan blog ini. Sehingga kita bisa tahu sejauhmana pemikiran kita atau pendapat orang lain dapat bermampaat dalam kehidupan nyata.


JADI MAU APA DENGAN POLITISI ONLINE
Sederhana saja, saya ingin memainkan peran politik saya melalui dunia maya ini. Anggap saja saya saat ini mencalonkan diri sebagai Calon Presiden Indonesia dari Partai Online. Titik !

Saya yakin akan mendapat dukungan dari rakyat Indonesia (termasuk rekan-rekan). Calon Konstituen Partai Online setidaknya lebih dari 20% yang mulai memutuskan untuk golput dan juga Anggota Partai Politik peserta pemilu 2009 yang memiliki ide yang sama dengan saya untuk berkomunikasi politik melalui blog.

Jadi mengapa tidak rekan-rekan semua secepatnya gabung di Partai Online ini, dan ada berhak langsung mendeklarasikan diri anda menjadi Calon Presiden Indonesia !

Kalo mau gabung, baca dulu AD/ART Partai Online nya ya…


POLITIK ONLINE : POLITIK KHAYALAN ?
Oh tidak… prinsip dasar ide berpolitik secara online ini adalah Think Globally, Act Locally (berpikir global, tapi berbuat di lokal) atau dengan kata lain kita menggunakan internet sebagai media yang mengglobal dengan tetap berbuat di dunia lokal yang nyata.

Jadi internet online hanyalah sebagai media atau alat, bukan tujuan, dalam mengekspresikan kiprah dan gerakan politik kita di dunia nyata. Blog politisi online yang saya buat ini adalah media yang saya gunakan untuk menyampaikan visi dan pemikiran politik saya kepada publik. Juga tentang issu dan gerakan politik yang saya kerjakan di dunia nyata.

Saya akan menguraikan lebih jauh soal bagaimana kiprah politisi online dalam tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar