Laman

Bang Yos Ingin PKPI Usung Calon Walikota

Cikole - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia, Sutiyoso berharap DPK PKP Indonesia Kota Sukabumi berkoalisi dengan partai besar untuk mengusung figur calon walikota dan wakil walikota pada Pemilukada 2013 mendatang. Meski merupakan partai non parlemen namun pria yang akrab disapa Bang Yos ini menghendaki partainya menjadi bagian dari pemenang Pemilukada 2013 nanti. Demikian dikatakan Bang Yos saat safari politik PKPI di Gedung Juang ’45, kemarin. 

Dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta dua periode ini, PKPI mencermati pelaksanaan pemilukada yang akan dihelat dalam waktu dekat. Termasuk di Jawa Barat yang salah satunya adalah Kota Sukabumi. “Kami akan menganalisa soal figur yang akan maju. Jika hasil survei dan pertimbangan partai menilai laik diusung, maka itu yang akan kami dukung. Di Kota Sukabumi, saya berharap PKPI jadi bagian koalisi pemenang suksesi itu nantinya,” jelas Sutiyoso. 
Sementara itu terkait safari politik yang dilakukannya di Kota Sukabumi, Bang Yos menjelaskan ini merupakan rangkaian kunjungannya ke sejumlah daerah di Indonesia untuk melakukan konsolidasi internal partai. Merapatkan barisan menghadapi pemilihan legislatif 2014, sekaligus memperkenalkan keberadaan Bang Yos sebagai ketua umum yang baru PKPI. “Target kami ingin memenuhi persyaratan Partai Politik Peserta Pemilu (P4),” katanya. Dalam konsolidasi yang dihadiri lima DPK PKPI itu, masing-masing Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota dan Kabupaten Bogor serta Kabupaten Cianjur, Bang Yos menargetkan pemenuhan persyaratan P4 di semua tingkatan. Bahkan targetnya lebih tinggi dari syarat. Sesuai persyaratan P4, di tingkat provinsi setaip partai baru bisa lolos jadi peserta pemilu jika memiliki kader dan sekretariat di semua provinsi. Tingkat kota/kabupaten harus 75 persen, sementara di tingkat kecamatan 50 persen. “Tapi saya berharap semuanya bisa 100 persen, mulai tingkat kecamatan sampai provinsi,” tegas Bang Yos yang mengakui Jabar akan menjadi basis massa PKPI. 
Disinggung soal targetnya di pemilihan presiden, Bang Yos menegaskan itu target kedua, yang utama adalah pileg. “Soal pilpres ini akan akan saya pertimbangkan kemudian,” ujarnya diplomatis. Sementara itu, Ketua DPP PKPI Jabar Suratman bertekad mewujudkan target Bang Yos itu. Yaitu dengan melengkapi kepengurusan berikut sekretariat di setiap tingkatan wilayah. Pada April tahun depan target 1.000 kader yang ditandai dengan kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) di setiap kota/kabupaten bisa terwujud. 
“Saya yakin target itu bisa diwujudkan di Jabar. Apalagi pendiri PKPI, Edi Sudrajat (alm) adalah orang sunda asli. Khusus untuk Sukabumi, salah satu anggota Dewan Pimpinan Nasional PKPI adalah putra asli Sukabumi, Yusuf Kartanegara,” jelas Suratman.(dyl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar