Laman

Anggaran 19 Milyar Untuk Pelaksanaan Pilkada Kota Sukabumi

SUKABUMI : Komisi Pemilihan Umum Kota Sukabumi, Jawa Barat, menganggarkan Rp19 miliar untuk Pemilihan Kepala Daerah Kota Sukabumi 2013 mendatang. “Dari perhitungan sementara kami untuk penyelenggaraan pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi pada 2013 mendatang mencapai Rp19 miliar,” kata Ketua KPU Kota Sukabumi, Anton Rachman, Senin (26/9). 

Menurutnya, dana tersebut untuk dua kali putaran jika pada pelaksanaan pemilihan atau pencoblosan nanti belum ada calon yang mendapatkan raihan suara mencapai 50% plus satu dan selebihnya digunakan untuk biaya operasional anggota dan staf KPU. Selain itu, dana tersebut juga nantinya akan digunakan untuk mulai tahapan pemilu sampai pelantikan kepala daerah terpilih. “Dana ini bisa saja bertambah atau berkurang, karena jumlah angka ini merupakan hasil perhitungan sementara kami,” ujarnya. 
Anton mengatakan pihaknya saat ini sudah mulai menyusun kegiatan untuk pelaksanaan pilkada mendatang, seperti menyiapkan agenda tahapan pilkada mulai dari sosialisasi, penetapan daftar pemilih tetap (DPT ), kampanye sampai proses pemilihan. Pihaknya juga belum bisa memprediksi berapa jumlah calon kepala daerah yang akan maju pada pilkada 2013 mendatang, tetapi pihaknya memprediksi jumlah calon kepala daerah tidak jauh dari jumlah calon pada pilkada lalu yang mencapai lima calon kepala daerah. “Mungkin pada 2013 akan ada warga Kota Sukabumi yang mencalonkan diri dari independen, tetapi baik calon independen maupun dari partai politik tetap kami akan verifikasi, jika tidak sesuai maka akan ditolak pencalonannya,” kata Anton. 
Sementara itu, sudah ada beberapa nama yang siap maju pada pilkada 2013 mendatang, seperti Wakil Wali Kota Sukabumi, Mulyono, Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sukabumi, Yudi Widiana Adiya, Seketaris Daerah H M Muraz dan lain-lain. “Kami saat ini sudah mulai proses penjaringan siapa yang akan maju ada pilkada mendatang, sudah enam nama yang siap maju dari partai kami yakni Partai Keadilan Sosial (PKS) yang salah satu dari enam bakal calon itu adalah Yudi Widiana Adiya,” kata Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Wawan Sopendi. (Bisnis Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar