Laman

PAN Kemungkinan Usung Mulyono Jadi Balon Walikota Sukabumi

F2-nya bisa Muslikh, bisa Andri Hamami.
Sukabumi -- Menjelang Musyawarah Daerah (musda) DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Sukabumi, 29 April mendatang di Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi, wacana figur yang akan diusung partai berlambang Matahari Terbit ini pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Sukabumi periode 2013-2018 mulai mewacana. Salah satu yang paling menjadi sorotan adalah peluang Mulyono kembali diusung PAN.

Soalnya, pada Pilwalkot Sukabumi 2008 lalu, Wakil Walikota Sukabumi itu diusung PAN. Ketika itu Mulyono mendampingi Muslikh Abdussyukur yang akhirnya memenangi pilkada. Mengapai Pilwalkot 2013, pihak DPD PAN Kota Sukabumi tidak menampik kemungkinan Mulyono akan kembali diusung PAN. Selain karena faktor popularitas Mulyono yang dinilai terbilang tinggi di Kota Sukabumi, hubungan Mantan Kadis Pendidikan Kota Sukabumi dengan PAN juga diakui baik-baik saja sampai saat ini. "Kenapa tidak. Tapi terkait figur yang akan kami usung tentunya kami tetap mengacu pada survei," ujar Ketua DPD PAN Kota Sukabumi, Samsizar usai rapat pra Musda PAN di Sekretariat DPD PAN Kota Sukabumi, kemarin.
Samsizar tidak menampik kasus 'pembelotan' yang dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf yang pindah ke Partai Demokrat adalah pelajaran bagi partai untuk lebih hati-hati lagi dalam mengusung kader. Namun, Samsizar mengaku sejauh ini kader-kader PAN di Kota Sukabumi yang memiliki potensi maju pada pilwalkot mendatang adalah kader-kader yang cukup mengakar. "Sebenarnya masih terlalu jauh bicara pilwalkot, tapi kalau bicara kader internal sangat berpotensi karena kader kita cukup banyak yang punya peluang. Sekali lagi tergantung hasil survei nantinya," kata Samsizar.
Hal senada dikatakan Ketua Steering Comeete (SC) Musda DPD PAN Kota Sukabumi, Muniri Muchtar. Menurutnya persoalan figur yang bakal diusung PAN pada pilwalkot, bisa jadi dari internal, namun tidak menutup pula kemungkinan dari eksternal. Semuanya akan ditentukan dengan mengacu pada hasil survei. "Pada musda nanti sangat mungkin muncul nama figur yang akan diusung PAN untuk pilwalkot," ujar Legislator yang duduk di Komisi II DPRD Kota Sukabumi.
Sementara itu, di lingkungan Pemkot Sukabumi beredar kabar bahwa Walikota Sukabumi periode 2008-2013, Muslikh Abdussyukur akan mencalonkan kembali di Pilwalkot Sukabumi 2013 mendatang.
"Memang lagi ramai, Bapak (Muslikh, red) kabarnya mau maju lagi, berpasangan dengan Pak Mulyono. Hanya posisinya Pak Mulyono sebagai F1 (walikota), sedangkan Bapak di posisi F2 (wakil walikota). Sebab, menurut aturan Bapak kan sudah dua kali terpilih, jadi tidak bisa mencalonkan sebagai walikota, tapi kalau sebagai wakil walikota masih bisa," kata sumber di Pemkot yang meminta namanya tidak dikorankan.
Menurut sumber lain, Muslikh telah menyiapkan jagoannya di Pemilukada 2013 mendatang, yakni Mulyono yang digadang-gadang sebagai F1 akan dipasangkan dengan Ketua DPD Partai Golkar Kota Sukabumi, Andri Hamami sebagai F2. Namun, apabila Mulyono berpasangan dengan Andri menemui kendala atau masalah, ada opsi lain, Mulyono akan dipasangkan dengan Dirut PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi, Helmi Soetikno.
"Kabarnya, Pak Mulyono akan dipasangkan dengan Pak Andri atau dengan Pak Helmi," kata sumber yang aktif di organisasi kepemudaan tersebut.
Di tempat terpisah, saat reses di Kota Sukabumi, Anggota DPR RI dari FPKS Dapil Sukabumi, Yudi Widiana Adia siap mencalonkan lagi menjadi calon F1 dari PKS pada Pilwalkot Sukabumi 2013 mendatang.
Kepada wartawan Yudi mengatakan, kalau dulu persiapannya hanya tiga bulan, tapi sekarang ia mengaku banyak waktu untuk eksyen di masyarakat. "Dulu mah warming up. Sekarang benar-benar siap," tandas Yudi didampingi Ketua DPD PKS Kota Sukabumi, Wawan Supendi.
Yudi menyadari saat mencalonkan menjadi F1 di pemilukada 2008 lalu adalah waktu yang sedikit untuk sosialisasi ke masyarakat. "Namun kini saya bisa mengaktualisasikan diri saya untuk ikut dalam kancah pemilukada Kota Sukabumi 2013 mendatang dengan posisi F1,"tandasnya.
Sementara itu, beradar kabar juga, nama Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami disebut-sebut muncul di bursa Pilwalkot Sukabumi 2013 mendatang.
"Kabar dari mana? Ah, itu cuma gosip," bantah mantan Wakil Bupati Sukabumi tersebut. (dyl/wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar