Laman

Komisi III Nilai Sekolah Siap Laksanakan PPDB

CIKOLE – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dekat. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemkot Sukabumi dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sukabumi tengah merancang program PPDB Online untuk semua sekolah negeri. Program sendiri akan diterapkan pada PPDB tahun ini. Untuk mengetahui seberapa besar kesiapan sekolah dalam menyambut program tersebut, jajaran Komisi III DPRD Kota Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah yang dinilai masih kurang dalam hal fasilitas. Sidak sendiri pertama dilakukan ke SDN Pintu Kisi II Jalan Siliwangi Kota Sukabumi. 
Dalam sidak itu para wakil rakyat mempertanyakan kesiapan mulai Sumber Daya Manusia (SDM), teknis, perlengkapan dan beberapa kemungkinan yang akan terjadi dalam penerapan PPDB Online tersebut. Setelah melakukan sidak ke SDN Pintu Kisi II, para legislator tersebut melanjutkan ke SMPN 8 Kota Sukabumi di Jalan Jalur Kota Sukabumi. Di sekolah tersebut, hal serupa juga masih dipertanyakan Komisi III DPRD Kota Sukabumi. 
“Kita ingin, program PPDB ini bisa berjalan lancar dan sukses. Bagaimanapun, program ini sangat baik makanya harus dipersiapkan secara baik juga termasuk beberapa kemungkinan yang akan terjadi setelah pelaksanaan PPDB ini,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Yayan Suryana yang didampingi anggota komisi lainnya di antaranya, Elin Paulina Tarigan dan Rahmat Purnama, Sabtu (12/5). 
Dari hasil sidak sendiri, Komisi III DPRD Kota Sukabumi menyimpulkan sekolah sudah siap dalam melakukan program PPDB online tersebut. Meski tinggal melakukan tahapan sosialisasi kepada orang tua murid dan lainnya. “Memang untuk orangtua murid banyak hal yang dibingungkan. Tapi kalau secara kesiapan sekolah dan siswa, kita yakin ini bisa berjalan lancar. Apalagi siswa-siswa sekarang sudah melek IT,” lanjutnya. 
Meski begitu, ada juga memang yang dikhawatirkan pihak sekolah seperti di SDN Pintu Kisi II. Mereka mengeluhkan masalah anggaran untuk pembayaran listrik yang dimungkinkan akan membengkak ketika program tersebut dijalankan. Inipun menjadi catatan bagi pihak DPRD Kota Sukabumi untuk proses penyempurnaan program PPDB Online tersebut yang akan dibahas lagi dengan Disdik 19 Mei mendatang.(nur) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar