Laman

Melihat PEDO Ala PAN Kota Sukabumi


Cisaat - Pemuda harapan adalah pemuda yang bisa memanfaatkan hidupnya untuk lebih baik dan terorganisir dalam gerak langkahnya. Dengan mengikuti Pedo sehingga pola hidup untuk menjadi seorang pemimpin pun tertata.
Puluhan Pemuda mengikuti Pelatihan Dasar Organisasi (Pedo) Outbond building yang dilaksankan DPD PAN KOta Sukabumi di Komplek Wisma Cemara Situ Gunung pekan lalu, yaitu  pelatihan yang membangun jati diri pemuda  untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa memimpin secara utuh dan bertanggung jawab. “Tujuan Pedo intinya untuk melatih manajemen organisasi, kepemimpinan, serta ilmu perkembangan politik terbaru baik itu regional maupun internasional,” ujar Sekretaris DPD PAN Kota Sukabumi Andri Sumarna
Pada sesi pertama peserta diajak untuk memahami salah satu keterampilan dasar organisasional yaitu keterampilan komunikasi. Seperti diketahui keterampilan komunikasi menjadi variable signifikan keberhasilan organisasi baik skala kecil maupun raksasa.
Materi berikutnya yang berlangsung di sore hari adalah team work. Peserta secara berkelompok saling bertanding dalam beberapa permainan.Dalam setiap permainan kelompok-kelompok peserta memilih pemimpinnya. Kemudian di setiap akhir proses bermain mereka saling memberikan nilai dan masukan, yakni pemimpin tim menilai anak buah dan para anak buah memberikan penilaian kepada pemimpinnya. “Dengan metoda ini diharapkan peserta memiliki pemahaman terhadap kekuatan diri secara lebih objektif. Beberapa permainan asyik diselenggarakan untuk mendukung sesi ini seperti terowongan tongkat, pagar listrik, ular buta, dan lainnya,” ujar Andri
Akhir dari kegiatan pelatihan ini adalah pendalaman nilai-nilai hidup dan moralitas kepemimpinan. Seorang pemuda  adalah pemimpin seharusnya pro-life, yakni pemimpin yang membela kehidupan.
Salah seorang Peserta Selviana (22), dirinya merasa senang dan puas dengan pentingnya organisasi dan menjadi seorang pemimpin yang bisa diharapkan.” Pedo ini sangat bermanfaat khusunya bagi kaula muda pentingnya manajemen hidup,” pungkasnya (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar