Laman

Golkar dan PD Usul Perbanyak Dapil

[Politisi Sukabumi] : Awas... Usulan Perbanyak Dapil, rekayasa untuk mendapatkan kursi gratis.
JAKARTA (JPNN)- Partai Demokrat dan Golkar mengusulkan Daerah Pemilihan (Dapil) dalam revisi Undang-udang Pemilu yang kini tengah dibahas di DPR, diperbanyak. Dengan bertambahnya Dapil, wilayah pemilihan semakin dipersempit.
"Jumlah Dapil Pemilu 2009 itu ada 77 Dapil. Mungkin bisa dibesarkan jumlahnya, dan wilayahnya menjadi kecil sehingga memberikan ruang kepada calon terpilih untuk berkomuniaksi lebih dengan konstituennya," kata Ketua Tim Pembahasan RUU Politik dari Partai Golkar, Ibnu Munzir di Jakarta, Jumat (24/12).
Dapil Pemilu DPR merupakan provinsi atau gabungan kabupaten/kota dalam satu provinsi, dengan total 77 daerah pemilihan. Jumlah kursi untuk setiap daerah pemilihan berkisar antara 3-10 kursi, yang didasarkan jumlah penduduk. Seperti di Sulsel terdapat tiga Dapil, sementara di Sulawesi Tenggara sendiri hanya ada satu Dapil.
Hal yang sama juga dikatakan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Kata dia, jika anggota DPR ingin menjadi lebih akuntabel dan makin fokus dalam bekerja, harusnya konstituen yang diwakilinya tidak terlalu banyak.
"Kalau yang ingin wakil rakyat makin akuntabel, harusnya makin sempit wilayah peilihannya supaya makin fokus karena kostituennya tidak terlalu banyak," katanya. Mantan Ketua PB HMI ini mencontohkan Provinsi Papua yang hanya satu Dapil. Menurutnya, kerja anggota DPR yang mewakili Papua sangat berat dengan wilayahnya yang luas. "Satu Dapil harus mengurus konstituen satu Papua. Tentu berat, karena dapil berdasarkan jumlah pemilih," katanya. (awa/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar